DZIKIR PAGI PETANG PIS

Detail Produk Buku Dzikir Pagi & Petang Ust Yazid

Harga Buku               : Rp. 15.000
Penulis                        : Ust Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Penerbit                      : Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Ukuran                       : 10 cm x 14 cm
Tebal                          : 134 Halaman
Berat                           : 0,15 Kg, Lembut

Resensi

Dzikir Pagi Petang dan Setelah Shalat Fardhu Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah yang Shahih” disusun oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Buku ini disusun dengan cara yang mudah dan mudah dihafalkan oleh siapa saja, baik muda maupun tua.

“Dan bertasbihlah sambil memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum dia.” (QS. Qaf: 39)

Allah menghalalkan kita untuk banyak berdzikir saat pagi dan petang. Begitu pula saat mengerjakan shalat Fardhu, kita juga disyari’atkan untuk berdzikir ke-Nya juga. Lalu bagaimanakah dan apa saja dzikir-dzikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

Dzikir-dzikir yang dicantumkan di dalam buku ini bersumber dari Rasulullah karena kekurangan dalam kitab-kitab hadits yang shahih.

Waktu Dzikir Pagi dan Sore

Kapankah dzikir pagi dan sore dilaksanakan? Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ، حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ ، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً

“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani).

Penjelasan Tentang Dzikir Dua Penghujung Hari.

Rentang kedua waktu tersebut adalah antara (masuk waktu) shubuh dan terbitnya matahari, serta antara (masuk waktu)  ashar dan terbenamnya matahari….

Allah Ta’ala berfirman,

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

“Bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39), dan ini merupakan penafsiran dari apa yang disebutkan dalam beberapa hadits bahwasanya “barangsiapa yang mengucapkan begini dan begitu pada pagi dan sore hari…” maksudnya adalah sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan waktu (mulai)nya adalah setelah (masuk waktu) shubuh dan setelah (masuk waktu) ashar” (Al-Wabilush Shayyib, 1/93, Syamilah).

Apakah Harus Urut Dalam Mengucapkan Dzikir Pagi Dan Sore?

Markaz Fatwa Islamweb.net menjelaskan bahwa seorang muslim boleh mengucapkan dzikir pagi dan sore ini dengan cara tidak urut atau disela dengan aktifitas yang bermanfaat lainnya, karena tidak ada dalil yang menunjukkan harus urut dalam mengucapkannya.

Maksudnya seorang muslim boleh dalam mengucapkan dzikir-dzikir pagi dan sore lalu berhenti pada satu lafal -setelah lafal tersebut sempurna diucapkan, lalu ia selingi dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat lainnya, misal memasak, bersiap-siap untuk berangkat mencari nafkah, dan selainnya, kemudian ia lanjutkan lagi melengkapi dzikirnya yang terhenti tadi.

Rp 17.000,-
Rp 14.000,-

PRODUK YANG MIRIP

ZIARAH KUBUR YG TERNODA

Rp 20.000,-
Rp 16.000,-
BELANJA

MATAN SAFINATUN NAJAH

Rp 20.000,-
Rp 18.000,-
BELANJA

DURUSUL LUGHAH AL-ARABIY

Rp 80.000,-
BELANJA

Rp 30.000,-
Rp 27.000,-
BELANJA